Menyambut Hari Kemerdekaan

Bicara hari kemerdekaan, tidak lama lagi Agustus sudah tiba, dan hari peringatan akan dirayakan Masyarakat Indonesia diseluruh nusantara. Berbagai macam kegiatan dan cara pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan tersebut. Mulai dari lomba saja, ada berbagai lomba yang biasanya sering kita lihat dihari kemerdekaan. Misalnya lomba naik pohon pinang atau lebih dikenal dengan naik pinang, ada lagi lomba tarik tambang, yang ini tidak kalah serunya dengan lomba naik pinang, dan loba tarik tambang ini sebenarnya ada mempunyai kesamaan. Kenapa sama, karena cara untuk mendapatkan hadiahnya harus berkelompok. Naik pinang harus berkelompok untuk bisa sampai kepuncak, lalu mengambil hadiah sudah disediakan diatas pohon pinang. Nah kalau tarik tambang, sama hal nya naik pinang, ditarik tambang pun berkelompok untuk memenangkan lomba. Ada lagi berbagai lomba juga tidak kalah menariknya dengan nak pinang dan tarik tambang tadi. Misalnya lomba balap karung, lomba mengisi air kedalam botol, lomba bawa kelereng yang ditaruh diatas sendok, kemudian ada juga loba memukul kaleng dengan mata tertutup, atau loba mengigit uang recehan logam yang ditempelkan pada buah kelapa atau jeruk bali biasanya. Nah kalau melihat banyaknya acara hiburan tadi tentunya sangat menarik bukan? Dan tentunya kita tidak ketinggalan untuk melihatnya, sekalian turut merayakan hari kemerdekaan kita. Walaupun sebenarnya, kita masyarakat indonesia, belum benar- benar merdeka, ah saya tidak ingin membahas ini terlalu panjang, karena bukan itu yang ingin saya ceritakan.

 

Mungkin saya akan kembali ketema tulisan ini, yaitu menyambut hari kemerdekaan. Bicara soal perayaan, sudah ada banyak mungkin yang saya berikan gambaran perayaan. Dan itu tentunya sudah sangat umum dan biasa saja. Saya mau menceritakan kebiasaan lain, yang biasnya dijadikan kebiasaan atau tradisi komunitas pecinta alam (PA) di Kalsel dalam merayakan hari kemerdekaan, tujuh belas agustus. Apa yang dilakukan komuitas PA Kalsel tadi? Yang mereka lakukan adalah, melakukan pendakian bersama kegunung halau- halau, kabupaten hulu sungai utara kalsel. Gunung batu besar tersebut adalah merupakan pegunungan tertinggi di Kalimantan Selatan, dengan ketinggian 1907 mdpl. Selain melakukan pendakian di gunung itu, para PA ini juga melakukan kegiatan sosial kemasyarakat di desa sekitar gunung halau- halau tadi. Baik itu kegiatan bagi- bagi sembako dan pakaian, atau gotong royong membersihkan balai desa dan balai adat. Kebetulan masyarakat disana adalah masyrakata adat, yang sampai saat ini masih menjaga kelestarian adatnya. Ada banyak balai adat disana, yang fungsinya dijadikan tempat berbagai ritual adat.

 

Pendakian bersama ini, selain dalam rangka merayakan hari kemerdekaan RI dipuncak gunung, bagi PA itu sendiri adalah sebagai wadah menjalin komunikasi antar PA yang merupakan anggota baru, dan tentunya tidak ketinggalan juga para senior yang memanfaatkan momen ini untuk bernostalgia. Dan hal yang paling terpenting adalah, mendekat diri pada masyarakat disekitar pegunungan ini yang notabane jauh dari kota. Selain itu juga demi menumbuhkan kepekaan sosial para PA pada masyarakat kaum minoritas. TOBECONTENUED

About these ads

22 Responses to “Menyambut Hari Kemerdekaan”

  1. anas Says:

    Salam 17 Agustus Merdeka !!, nostalgia masa kecil ya ini.

  2. Bindrang Says:

    anas”

    Merdeka!!! walaupun belum merdeka secara utuh, tapi rayain aja….

  3. almascatie Says:

    PA ini juga melakukan kegiatan sosial kemasyarakat di desa sekitar gunung halau- halau tadi. Baik itu kegiatan bagi- bagi sembako dan pakaian, atau gotong royong membersihkan balai desa dan balai adat. Kebetulan masyarakat disana adalah masyrakata adat, yang sampai saat ini masih menjaga kelestarian adatnya

    Menarik ya.. disaat adat hampir punah termakan arus modernitas tapi masyarakat masih menjungjung adat.. sipp.. sukses bro.. jaga lingkungan dan kelestarian adat.

    btw pendakiannya masih bersambung.. tunggu selesai aja ah baru teriak merdeka! :mrgreen:

  4. Bindrang Says:

    almascatie

    Terimakasih mas komentarnya, dan mang salute juga saya mereka tapi juga khawatir, karena takutnya kalau- kalau mereka terkalahkan oleh kepentingan investasi yang akan mempengaruhi budaya mereka, pertambangan misalnya.

    Jangan pernah bilang merdeka, kalau sebenarnya kehidupan kita selalu di kekang..

  5. almascatie Says:

    yaps.. modernisasi emang susah bahkan saya pesimis dilawan.. tapi selama ada pemuda-pemuda masih mau untuk melestarikannya -berdasi tapi berkepala lokal-
    hanya kehidupan yang dikekang kan? tapi isi otak tetap bebas -salah satunya adalah blog ini- :lol:

  6. Bindrang Says:

    ”yaps.. modernisasi emang susah bahkan saya pesimis dilawan.. tapi selama ada pemuda-pemuda masih mau untuk melestarikannya -berdasi tapi berkepala lokal-
    hanya kehidupan yang dikekang kan? tapi isi otak tetap bebas -salah satunya adalah blog ini-”

    Anda benar bung.. moderinasasi emang mulai gerogoti tradisi, tapi jangan pesimis bung..

    dan anda benar lagi, otak kita memang tidak di kekang… hanya saja mulai diracun. apakah seperti itu mohon di koreksi.

  7. almascatie Says:

    mungkin saya terlalu pesimis ya, tapi kondisi disana sama jga dengan yang dihadapi oleh generasi yang ada diambon sini, sama2 menghadapi ancaman taring modernisasi sampai-sampai kita hampir kehilangan identitas tentang siapa kita, yah modernisasi berwajah globalisasi telah melahap kita sampai habis dan itu tidak bisa dihindari, bagi saya skarang adalah jamannya globalisasi berkuasa akan tetapi yang menjadi pertanyaan kan identitas global mana yang kita sandang? zaman dulu adalah zaman yang telah lewat dan tidak bisa dikembalikan lagi, yang mungkin kita lakukan hanyalah menjaga identitas yang telah terbangun ribuan tahun tersebut tetap berada didalam otak kita, identitas yang membentuk membuat kita tetap mempunyai pegangan menghadapi arus global tersebut.

    kan baru mulai diracun kan? belom sampai teracun hehehe kok dikoreksi ya kaya guru aja :D kita sama2 belajar kok ga ada guru ga ada murid

    Sebenarnya saya berniat untuk posting tentang hal ini tapi dengan konteks maluku, namun masih belum terlaksana karena masih ada kendala2 jga..

  8. putradi Says:

    merdeka bah ! -dengan logat nagabonar-

  9. Bindrang Says:

    almascatie

    Maaf sebelumnya, bukan bermaksud begitu. tapi yang pasti anda benar sekali soal kondisi disana dan disini. bahkan kondisi di indonesia pada umumnya, ngga akan jauh beda mungkin. permasalahan klasik sebenarnya, tapi karena ada kepentingan yang memelihara dan merawat kondisi ini. demi mempertahankan tujuan dan kekuatan mereka, sehingga harus menjadikan rakyat sebagai tumbal/ korban. yah…globalisasi mang dah renggut identitas, megkondisikan kita pada kehilangan jati diri, separah itukah? hm… sangat sadis kelihatannya, tapi kenyataannya seperti itu kawan… mungkin ada resep yang bisa mengurangi gejala itu, inergi yang ada pada diri kita yang masih sadar ini, maka tularkanlah pada mereka yang terkena virus itu. mungkin saya masih terlalu sedikit pengetahuan, jadi kalau ada yang kurang pas mohon dimaklumi, apabila ada kekurangan….
    tapi saya punya moto, lakukan perubahan, dan mulailah dari diri kita..

  10. irvan132 Says:

    gw pengen banget ikutan lomba panjat pinang pas 17-an. tapi sampe sekarang belom kesampean. arghh… :D

    -IT-

  11. Bindrang Says:

    putradi
    yang merdeka selamat merayakan…

    irvan132
    duh.. lom pernah ya?? klo saya pernah seh dulu… pas taon 2000 kali…

    atas kunjungannya makasih… banyak. sering2 aja mampir

    ku cantolin di link ya

  12. almascatie Says:

    tapi saya punya moto, lakukan perubahan, dan mulailah dari diri kita..

    mantaps…. perubahan emang dari diri sendiri… kalo ga kita sendiri sapa lagi ya :)

  13. Bindrang Says:

    almascatie

    anda benar sekali bung…

  14. mataharicinta Says:

    17-an ini aku bakal ngerayain sama pengamen, euy!
    yuhuuuu, mau ikutan gak?

  15. rivafauziah Says:

    Merdeka ! Saya Umumkan Di cianjur AGUSTUS’AN akan ada lomba Memetik Teh.. Cepetan Daftar! wakakakakak..

  16. Bindrang Says:

    mataharicinta ”
    wah asik juga tuh… ngerayain ma pengamen. jangan lupa bagi ceritanya ya.

    rivafauziah” lomba Memetik Teh..
    yang bener neh??

  17. itikkecil Says:

    ini ternyata yang nyuri start posting soal kemerdekaan :D
    banyak cara untuk merayakan kemerdekaan…
    anyway… merdeka!!!!!

  18. Hileud dot com Says:

    Met Idul Fitri
    Maaf Lahir bathin

  19. Bindrang Says:

    Hileud dotcom”
    Met Idul Fitri
    Maaf Lahir bathin

    ”Minal aidin walfaizin

  20. benbego Says:

    Sumpah Pemuda aja Deh..! :D

  21. RAJA Says:

    MARDEKA!…………………..

  22. agil septian n Says:

    ok…
    i’m agree with you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: