Aksi Penolakan Penggunaan Jl. Japri zam zam sebagai lintasan truk batubara

Alur Proses

Terinisiasinya aksi Masyarakat karena adanya kebijakan Gubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin, yang memperbolehkan truk angkutan batubara beroperasi selama 24 jam.

Aksi ini dilakukan warga dengan tulus karena selama ini warga merasa terganggu dengan aktivitas truk batubara yang melintas dijalan Japri zam zam.

Warga juga merasa dengan melintasnya truk batubara dikampung mereka tidak membawa keberuntungan malah menambah bencana bagi Masyarakat. Dengan melintasnya batubara dikampung mereka malah menimbulkan keresahan dan rasa tidak nyaman, serta dampak yang akan ditimbulkannya mendatang juga merugikan kesehatan misalnya gangguan pernapasan karena menghirup udara yang ditimbulkan oleh truk batubara yang melintas (NS. Warga).

Bukan hanya menuntut tidak diperbolehkannya truk batbara melintas dijalan Japri zam zam saja, akan tetapi warga juga menuntut agar angkutan batubara tidak menggunakan jalan negar, sesuai dengan UU Pertambangan no 11, bahwa untuk aktivitas pengangkutan batubara pengusaha pertambangan harus membuat jalan sendiri. Tidak seperti sekarang.

Masyarakat Japri zam zam yang tergabung dari 18 Rt sudah melakukan dialog dialog dan mengirim surat ke:

o KaPoslek

o Kecamatan

o Walikota

o DPRD tk II Kota Banjarmasin

o Gubernur Kalimantan Selatan

o DPRD I Kalimantan

o POLDA

o POLTABES

Pada tanggal 22 April Masyarakat Penutup Jl. Japri zam zam karena merasa aspirasi mereka tidak ditanggapi.

Masyarakat melakukan aksi dengan damai diikuti oleh ratusan warga, diantaranya Ibu ibu, anak anak, pemuda, bapak bapak Bersama anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang juga merupakan warga Japri zam zam.

Selama satu minggu Masyarakat menutup jalan akhirnya dikeluarkan peraturan oleh Dir Lantas Kalimantan Selatan, yang isinya mengatur lalu lintas angkutan batubara dan didalamnya juga mengatur bahwa truk angkutan batubara dilarang melintasi Jl. Japri zam zam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: